Berbelanja Online Di Aliexpress? Seperti Inilah Pengalaman Saya

Salah satu alasan kenapa orang memilih untuk berbelanja di Aliexpress adalah karena e-commerce (online shop) indonesia barangnya tidak cukup lengkap, Salah satu contohnya adalah disaat saya mencari mainan untuk anak-anak biasanya robot-robotan tipe tertentu, ternyata gak ada. Di saat saya mencari spare part laptop, komponen elektronik yang barangnya sudah cukup langka hanya tersedia dan hanya dijual dari Tiongkok, atau barangnya ada di indonesia tapi mahal banget harganya? Yah, Gitu deh, Saya yakin kamu sudah tau sendiri market place international lebih kokmplit & lebih lengkap kalau tujuannya adalah untuk mencari barang-barang aneh atau barang langka.

Dari contoh seperti itu pasti tidak sedikit dari kalian yang mengalami hal serupa dan berkeinginan untuk membeli barang dari Aliexpress, Pada saat itu juga pasti akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti:

Baiklah, Akan saya bahas satu persatu poin yang saya sebutkan diatas.

Keamanan Barang Belanjaan

Dari pengalaman saya, barang yang saya beli aman gan, Sampai tujuan dengan selamat. Kalaupun barang kamu hilang, Aliexpress sistemnya sama seperti market place lain, Yaitu memberikan perlindungan konsumen / buyer protection, Apabila barang hilang atau tidak sampai mereka akan mengembalikan uang pembeli secara penuh / full refund. Namun dikarenakan saya belum pernah mengalami kehilangan barang, Jadi saya belum bisa mengetahui apakah mudah ataukah sulit untuk meminta refund pada market place aliexpress

Cara Berbelanja & Cara Pembayaran

Cara belanja sama seperti market place lokal bl, toped, shopee, yaitu kita harus daftar dulu, harus punya akun gitu, setelah itu kita mencari barang yang ingin kita beli, masukin keranjang, terus kita check out belanjaan kita.

Selanjutnya adalah proses pembayaran, Untuk membayar belanjaan aliexpress kita bisa menggunakan beberapa metode pembayaran yaitu:

  • Doku Wallet
  • Bank Transfer (Permata Bank, Bisa ditransfer dari bank manapun)
  • Minimart (Alfamart, Alfamidi)

Agar pilihan pembayaran tersebut muncul, Saat checkout yang harus kita pilih adalah pembayaran dengan doku, klik bayar sekarang. Baru setelah itu akan muncul pilihan Bank Transfer & Minimart, Karena waktu itu saya gak punya doku wallet, males ke alfamart, Jadi yang saya pakai adalah Transfer Bank, Bank penerima adalah Permata Bank, Saya sendiri pake rekening BRI, Bisa kok, Tapi kena biaya transfer antar bank, Soalnya kita transfer dari bank berbeda.

Berapa Biaya Ongkir? Bisa Gratis Ongkir?

Banyak pelapak yang memberikan gratis ongkir, Namun pada pembelian saya kali ini dikenakan ongkir sebesar US $ 2.69 (Rp 38.772), Waktu itu saya dapat kupon user baru, Kalau tidak salah sebesar $ 3.00. Jadi ya, It’s Ok lah. Dari lapak-lapak yang pernah saya kunjungi, Biaya ongkirnya yang gak free bermacam-macam gan, ada yang cuma Rp. 3.000, Rp. 9.000, Ada juga yang cukup mahal sampai Rp 50.000, Rp 60.000. Silahkan kamu lihat sendiri di aplikasi aliexpress berapa ongkirnya.

Expedisi Apa Yang Digunakan Oleh Aliexpress?

Dengan membayar ongkos kirim sebesar $ 2.69 / Rp 38.772, Carrier / Expedisi pengiriman yang saya dapatkan adalah Aliexpress Standard Shipping, Setelah sampai di indonesia paket akan di ambil alih oleh Kantor Pos Indonesia, Setelah barang sampai di indonesia nomor resi bisa kamu tracking & bisa kamu lacak melalui website kantor pos indonesia. Kenapa pos indonesia? Karena tidak ada kurir aliexpress di indonesia, Karena itu aliexpress bekerja sama dengan kantor pos indonesia. Selain aliexpress standard shipping, pilihan kurir expedisi yang lain juga ada kok gan : dhl, china-post-mail, dll. Tapi saya belum pernah mencoba menggunakan expedisi tersebut.

Berapa Lama Waktu Pengiriman Barang Hingga Sampai Tujuan?

Barang yang saya beli dipacking hari itu juga oleh pelapak, Keesokan harinya baru diangkut oleh expedisi pengiriman Tiongkok untuk dikirimkan ke singapore, Karena rute pengirimannya memang dari tiongkok ke singapore dulu baru ke indonesia

Berikut contoh rutenya dari resi pengiriman barang yang saya beli:

Tracking aliexpress  

Tracking kantor pos indonesia

Kesimpulan dari resi pengiriman tersebut:

  • Selernya cepat
  • Dari tiongkok ke singapore, dari tanggal 25 di tiongkok sampai singapore tanggal 28, cepat hanya 3-4 hari saja.
  • Dari singapore ke indonesia, dari tanggal 28 sampai tanggal 31, sekitar 3-4 hari juga. Cepet juga.
  • Di indonesia sendiri, lama banget 12 hari baru update resi, setelah itu tidak ada update lagi sampai 8 hari setelahnya lagi baru ada update resi. Entah kenapa lama banget di expedisi indonesianya, Mungkin karena disaat itu sedang libur lebaran? atau mungkin juga karena jumlah paket overload, paket yang masuk di kantor bea cukai dan di kantor pos menumpuk lebih banyak dari biasanya.
  • Total waktu pengiriman dari tiongkok ke indonesia berdasarkan pengalaman saya adalah 27 Hari atau 4 Minggu, Hampir 1 bulan.

Gimana / Bagaimana Cara Cek Resi Aliexpress Standard Shipping?

Nomor resi bisa kamu lacak langsung dari aplikasi aliexpress di android, Sebagai alternatif nomor resi bisa kamu lacak pada website 17track.net, Contohnya:

Setelah sampai di indoesia saya melacak nomor resi melalui website kantor pos indonesia.

Apakah Terkena Biaya Pajak & Biaya Lain-Lain?

Setelah barang sampai ternyata barang yang saya beli terkena biaya bea pabean sebesar Rp. 20.000, Saya sendiri gak ngerti biaya pabean itu apa, Mungkin biaya impor gitu kali ya.

Barang di aliexpress memang murah-murah, Tapi apabila yang kamu beli hanya sedikit malah bisa lebih mahal, Karena adanya biaya pabean

Selain biaya pabean biasanya ada juga biaya yang dikenakan kepada penerima paket (buyer aliexpress) yaitu:

Biaya Packing Ulang, Biasanya dikenakan biaya tersebut apabila barang yang kamu beli perlu dibongkar untuk tujuan pemeriksaan, Apakah barang yang kamu beli itu barang legal ataukah barang ilegal. Pemeriksaan hanya dilakukan apabila barang yang dibeli terlihat mencurigakan, Dari barang yang saya beli tidak diperiksa, Karena itu saya tidak terkena biaya packing ulang.

Pajak, dikenakan kepada pembeli barang dari luar negeri apabila harga barang mencapai 75 USD, kurang lebih senilai 1.1 Juta rupiah. Untuk barang-barang murah kurang dari nominal tersebut tidak akan dikenakan pajak. Tetapi biaya bea pabean tetap kena.

Kesimpulan

Seperti itulah pengalaman saya berbelanja di aliexpress, Overall saya merasa nyaman berbelanja di aliexpress. Kekurangan dari berbelanja online antar negara adalah proses pengirimannya yang cukup lama, Biasanya paling cepat sekitar dua minggu, paling lama satu bulan.

Satu-satunya kekecewaan yang saya rasakan adalah karena adanya biaya pabean, Padahal dulu saya beli barang dari luar negeri tidak dikenakan biaya apapun. Mungkin ini peraturan baru, Jadi ya saya patuh aja deh.