Apa Arti, Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Melakukan Root Di Android

Apa Arti, Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Melakukan Root Di AndroidPertama akan saya jelaskan terlebih dahulu apa arti root di android, root di android adalah direktori atau lokasi folder paling luar pada memory internal android ( / ) yang merupakan tempat dimana sistem operasi android tersimpan.

Secara default direktori root ( / ) di android tersebut dikunci oleh sistem operasi android dengan tujuan agar file-file sistem operasi aman dari serangan virus dan file-file itu tidak bisa hilang / rusak karena user secara tidak sengaja menghapus file system yang ada di direktory root tersebut.

Maksud dari melakukan root di android adalah membuka atau melepas penguncian akses pada file dan folder yang ada pada direktory root agar user bisa mengangkses, menambah, mengurangi dan mengedit isi dari file dan folder yang terletak pada direktori root tersebut, yang biasanya dilakukan dengan menginstall aplikasi super user / super su yang bisa berfungsi sebagai aplikasi untuk mengatur dan memberikan izin pengaksesan data pada direktory root.

Cara menginstallnya tidak bisa dilakukan seperti menginstall apliaksi biasa tetapi harus melalui aplikasi lain seperti kingroot, push ke system melalui custom recovery atau bisa juga menggunakan PC.

Apa fungsi, manfaat dan kegunaan melakukan root pada handphone android? Keuntungan dan kelebihan yang bisa di dapatkan setelah melakukan akses root adalah agar aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses root bisa berfungsi dan agar bisa lebih bebas dalam mengoprek dan memodifikasi sistem android baik dari sisi tampilan maupun dari sisi fungsi-fungsi yang ada pada hape android. Untuk apa orang-orang melakukan root pada android pada umumnya adalah untuk dua tujuan tersebut.

Apakah ada kerugian, resiko dan akibat buruk dari melakukan root? ada yaitu sistem keamanan android di hp kamu menjadi lebih lemah dan lebih mudah terinfeksi virus, jadi kalau sudah di root harus pinter-pinter menggunakan androidnya, jangan sembarangan install aplikasi yang kamu download dari luar google playstore. Resiko kedua adalah kesalahan dalam mengedit atau menghapus file bisa berakibat handphone tidak bisa menyala / bootloop.

Jika saja handphone kamu sudah terelanjur melakukan root dan terkena virus kamu tidak perlu takut, virus pada umumnya hanya merusak software saja, jadi hardware atau handphone kamu tidak akan rusak karena masih bisa di reset software sistem operasinya ke pengaturan pabrik atau bisa juga dilakukan flash ulang rom jika virusnya menginfeksi hingga ke file sistem atau ketika handphone kamu softbrick / bootloop karena terjadi kesalahan saat melakukan pengeditan file system.

Baca : alasan kenapa android susah di root

Semoga artikel yang menjelaskan apa arti, fungsi, keuntungan dan kerugian melakukan root di android yang sudah kucingkardus tulis ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang kamu butuhkan.